Investasi

5 Cara Pintar Memulai Investasi Saham

Investasi saham pada zaman sekarang semakin populer lantaran keuntungannya yang sangat menjanjikan. Sering kali investasi saham ini dianggap sebagai investasi paling mudah. Namun, perlu kalian ketahui resiko investasi saham juga tinggi. Pelaku investasi saham bisa mengalami kerugian yang berbentuk capital los atau justru mendapat keuntungan 20% lebih dalam waktu dekat.

Untuk kalian yang baru memulai atau akan memulai investasi saham, perlu kalian ketahui beberapa cara Termudah dalam berinvestasi saham. Simak penjelasan dibawah ini😉

1. Investasi Saham Jangka Panjang

Kunci investasi saham jangka panjang adalah kesabaran yang tinggi. Usahakan membeli saham setiap bulan sesuai bujet yang ada. Jangan terlalu peduli dengan harga yang naik turun, yang pasti kapitalnya besar.

2. Jangan Kapok dengan Kerugian

Kerugian dalam suatu pekerjaan adalah hal wajar bagi pelaku Usaha, Begitu juga bagi pemain saham. Jika mengalami kerugian terlebih dahulu maka jangan terlalu panik.tetap tenang dan sabar sebab saham yang dibeli kemungkinan besar akan mengalami kenaikan.

Jika melihat ada saham dengan harga murah maka segeralah dibeli, cara ini dikenal dengan avarage down. Cara ini merupakan strategi investasi dengan cara bertahap ketika harga pasaran saham mengalami penurunan.

Dengan cara ini, nilai investasi tidak akan anjlok justru mengikuti kondisi pasar. Jika harga dipasaran kembali melambung tinggi maka keuntungan yang didapat akan lebih besar.

3. Paham Indeks Saham

Indeks saham dikenal didunia investasi saham. Indeks saham merupakan ukuran statistik perubahan gerak harga dari beberapa saham yang kemudian dipilih dengan dengan sebab tertentu.

Bagi pemula investasi saham silahkan pilih investasi saham yang terkumpul didalam indeks LQ45 dan IDX30. Saham indeks tersebut memiliki nilai liquiditas yang cukup tinggi.

4. Benar Mengatur Pembelian

Sebagai investor pemula perasaan takut rugi sudah wajar adanya. Ragu diawal memang wajar Namun jangan sampai membuat investasi kita berjalan ditempat saja.

Jika masih ragu, cobalah berinvestasi dengan 5.000 saja, dalam interaksi investasi saham dikenal dengan satuan lot, satu lot berisi 100 lembar saham. Harga 1 lembarnya hanya 50, berarti 1 lot hanya 5.000 saja.

Namun dengan bujet kecil seperti diatas belum tentu kita mendapat keuntungan besar dimasa depan seperti yang diharapkan. Untuk mencapai keuntungan yang maksimal kita harus berani mengambil resiko.

Gunakan 10% dari total uang kas direkening anda yang sudah dikurangi dana darurat. Dan tambah 10% disetiap bulannya untuk tambahan dana membeli saham.

5. Memilih sekuritas dengan benar

Sebelum memulai investasi saham, kalian perlu punya rekening efek atau rekening dana nasabah terlebih dahulu. Rekening ini bisa dibuka di perusahaan sekuritas. Setelah rekesing dibuat, kita perlu menyetorkan uang ke rekening tersebut untuk membeli saham secara online.

Kalian tidak boleh asal memilih broker atau sekuritas. Perusahaan sekuritas ini jumlahnya banyak dan memiliki tarif transaksi yang berbeda-beda. Tarif transaksi tersebut merupak biaya pembelian dan penjualan saham. Biaya ini yang kemudian menjadi sumber penghasilan dari perusahaan sekuritas yang ada.

Setelah mantap memilih perusahaan sekuritas yang kira-kira tepat, segera siapkan dokumen untuk membuka rekening efek.

Itulah beberapa cara pintar memulai investasi saham, kalian tertarik? Semoga bisa mendapat keuntungan terus menerus dimasa depan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button