InvestasiPeluang Bisnis

Tenyata Mudah! Begini cara membuat & Menjual NFT

NFT atau non-fungible token atau dapat diartikan sebagai token yang tidak dapat digantikan, salah satu bentuk aset digital yang sedang ramai dibicarakan di internet, NFT seperti sertifikat digital bagi mereka yang memiliki produk seperti gambar, video atau musik yang unik dan berbeda satu sama lain.

Sederhananya, NFT itu layaknya sebuah koleksi fisik namun dalam bentuk digital. NFT juga dapat dianggap sebagai bukti kepemilikan atas suatu karya dan saat ini juga dianggap sebagai koleksi modern dimana anda dapat membeli dan menjual koleksi NFT anda di marketplace seperti opensea, Cryptopunks, Rarible dan marketplace populer lainnya.

Beberapa hari yang lalu, viral seorang remaja indonesia yang mendadak menjadi kaya raya, menghasilkan miliaran rupiah dari jualan NFT yang unik dan mungkin konyol, NFT “Ghozali Everyday” yaitu sebuah foto selfie sebanyak 933 foto yang diambil setiap hari selama 4 Tahun! ya 4 tahun. lalu dijual melalui marketplace NFT dan menjadi viral sehingga membuat kenaikan harga yang luar biasa. Bahkan 1 foto terjual dengan harga ratusan juta! Fantastis.

nah, diatas adalah contoh salah satu NFT yang unik dan sukses besar , kamu juga bisa mencoba menjual karya kamu baik gambar, Video atau musik dalam bentuk NFT. Caranya gampang!

Sebelum kita membuat NFT, kita harus tentuin dulu nih mau jual NFT menggunakan blokchain apa ? Ethereum (ETH) merupakan salah satu blokchain penerbit NFT yang populer. namun, ada juga blokchain lain seperti Binance Smartchain (BSC), Tezoz, Polkadot. Setiap Blokchain memiliki standart token NFT sendiri, wallet dan pasar masing-masing. Misalkan kita membuat NFT menggunakan ETH atau Ethereum kita hanya bisa menjual Aset NFT kita di platform yang mendukung aset ETH seperti Opensea.

Karena Blokchain NFT yang populer adalah Ethereum dan Marketplace NFT yang populer adalah Opensea jadi kami akan membahas cara membuat NFT Menggunakan ETH dan menjualnya di Opensea.

1- Kunjungi Website Opensea.io, lalu klik Create dan my collection

2- Hubungkan ke Wallet menggunakan metamask atau lainnya.

3- Setup halaman koleksi dengan klik create my collection, lalu lengkapi logo atau nama koleksi, serta komisi jika koleksi NFT kita laku dan dijual kembali. juga, Pilihan pembayaran yang kita inginkan saat ada seseorang yang ingin membeli koleksi NFT kita.

4- Setelah kita memiliki collection page atau halaman koleksi kita bisa upload karya (gambar,video atau musik) yang akan di jadikan NFT , lalu tuliskan nama dan deskripsi tentang karya yang akan di upload.

5- Lalu langkah terkahir kita bisa setting harga jual dari NFT yang akan di upload, bisa harga tetap atau harga lelang tergantung keinginan kita untuk setup harganya seperti apa. setelah itu klik sell dan selesai 🙂

Berikut Tips Singkat Pembuatan NFT di Opensea.io adapun untuk lengkapnya kamu bisa mencobanya langsung ya 🙂

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button